Senin, 12 Juli 2010

Be Creative dong!!!

kreatif??indonesia??kayaknya gak deh..ada negara cina dan jepang yang rasa kreatifnya muncul di semua barang kita di rumah. bahkan sampai ada statement "if GOD made everything, he must live in china" ..sedangkan indonesia??indonesia punya apa??


jangan salah!!indonesia punya banyak orang2 inovatif. Tiba-tiba keinget sama salah satu ajang pemilihan pencarian barang-barang kreatif di Indonesia.
Ajang itu dikenal dengan nama BIA. Singkatan dari Black Innovation Award yang disponsori oleh salah satu perusahaan rokok besar di Indonesia. Ajang ini mengumpulkan ide-ide kreatif tentang inovasi barang, tempat atau apapun yang akan diseleksi oleh juri-juri berpengalaman. Bukannya mencari sebuah barang baru yang belum pernah ada di pasaran tetapi lebih melihat bagaimana seseorang mengkreasikan apa yang sudah ada untuk lebih mudah digunakan lagi. Ternyata banyak ide-ide lucu yang muncul lhoo. Kalau dibilang orang indonesia cuma bisa plagiat itu berarti salah besar. Kita juga bisa mengkreasikan dan menciptakan sesuatu yang baru. Keistimewaan dari ide-ide yang lahir adalah indonesia banget. Karena memang lahir dari otak orang indonesia dan kebanyakan masalah yang ingin dipecahkan juga masalah orang-orang Indonesia sendiri. Masalah yang kita hadapi sehari-hari. Tak jarang itu adalah masalah yang juga menjadi momok kita setiap hari. Atau bahkan suatu masalah yang bahkan kita tidak menyadarinya. Terkadang masalah yang tidak kita sadari ini perlahan membuat kerja kita tidak produktif. Dengan adanya sebuah alat yang menolong, kerja kita akan menjadi jauh lebih menyenangkan dan produktif.
          Dari ajang BIA 2009 diperoleh 5 pemenang.  Dari 5 ide yang muncul saya paling suka dengan ide Economical Bath Installation (EBI). Ide ini bisa dibilang saya banget. Saya paling tidak suka jika harus menggunakan kamar mandi yang hanya menggunakan shower. Sedangkan saya di rumah sudah sangat terbiasa dengan gayung. Rasanya tidak puas saja. Dan saya akan sangat terkagum-kagum jika saya mengunjungi sebuah hotel yang terdapat bath up didalamnya. Mandi bisa sambil berenang-renang (hehehe..lebay deh..). Walaupun saya tau bahwa hal ini juga terkenal sangat boros.

          Tapi menurut saya memang ada beberapa bagian tubuh yang tidak bisa dibersihkan dengan maksimal kalau menggunakan shower saja. Dalam kasus ini, gayung akan sangat membantu. Mungkin memang ini hanya soal kebiasaan. Budaya yang sudah terlalu mengakar dan susah untuk dihilangkan. Sampai  terkadang kita tidak mau tau apa yang terjadi diluar sana. Kebutuhan akan air bersih juga akan semakin menipis. Tidak semua orang bisa merasakan apa yang kita rasakan. Kita juga harus belajar untuk berhemat. Nah jika memang E.B.I diproduksi massal, semua orang yang memiliki problem sama dengan saya harus mencoba alat ini. Bukan hanya untuk diri kita sendiri. Tapi juga untuk bumi kita. SAVE OUR EARTH. FROM NOW!!

finalis buat tahun 2010 juga uda ada lho. barang-barang kreasinya juga gak kalah seru. jagoanku ada 2 yaitu jetsuya dan pakayung. alasannya pun sama kayak diatas. barang2 ini bisa ngebantu banget kehidupan keseharian saya. kedua barang ini terinspirasi karena musim hujan. sebagai pengendara sepeda motor saya suka sebel kalau tiba-tiba turun hujan di tengah jalan. jas hujan model sekarang tidak bisa melindungi sampai ke sepatu kita. alhasil, saya jadi sering nyuci sepatu di musim hujan. jetsuya disini sangat tepat sasaran. 

kendala lainnya adalah saat menjemur pakaian. saya harus memindah berkali-kali jemuran jika sudah mulai mendung karena takut turun hujan. tapi setelah beberapa menit ternyata langit cerah lagi. harus mindah lagi dong. sebel rasanya. pakayung bisa jadi solusi yang pas. 


       buat temen2 yang pengen tau inovasi yang lain, check aja http://blackinnovationawards.com. jangan lupa buat vote jagoan2 kalian. hidup kreasi..indonesia jaya sampai mati!!





1 komentar:

  1. mau nanya nih....
    na penulisnya ntar abis lulus rencananya ngapain???

    BalasHapus